Sebab Tergiur Fashion Behel Banyak Orang Menjadi Korban

Behel merupakan alat kesehatan yang saat ini banyak di pakai untuk sebuah fashion semata. Padahal fungsi dari behel ini sendiri adalah sebagai alat kesehatan yang dipakai untuk gigi. Akan tetapi demi fashion semata banyak orang yang rela datang ke dokter gigi abal-abal di sekitar tempat tinggal terdekat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang tergiur dengan promosi yang di tawarkan oleh tukang gigi ilegal.

Karna tukang gigi tesebut membuka praktek ilegal. Maka hal ini pun membuat semakin banyaknya korban yang datang ke dokter gigi karna kesalahan dari praktek Ahli gigi tersebut. Hanya karena fashion semata banyak orang yang justru malah merusak gigi aslinya sendiri. Karna banyak orang yang menjadi korban dari hal ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai behel gigi yang sekarang sedang trending.

Prosedur untuk pasang behel

1. Anda Harus Konsultasi ke dokter gigi

Sebelum Anda akan memasang kawat gigi, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis gigi. Dokter gigi juga akan melakukan pemeriksaan fisik serta meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan sinar X untuk melihat kondisi pada gigi Anda. Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter gigi akan memberikan penilaian bahwa apakah Anda memerlukan kawat gigi atau tidak.

Dokter gigi akan berbincang dengan Anda mengenai bagaimana pilihan terapi yang tepat dan perkiraan berapa lama terapi akan dilakukan. Setelah itu buatlah janji pertemuan yang berikutnya untuk melakukan pemasangan kawat gigi.

Seorang dokter gigi harus mengetahui reaksi biologis apa yang terjadi dari gigi dan jaringan sekitarnya terhadap tekanan mekanis dari alat kawat gigi. Tekanan pada gigi harus konstan dan tidak melampaui tekanan kapiler darah sehingga tidak dapat menimbulkan rasa sakit dan kerusakan jaringan.

2. Prosedur pada pemasangan kawat gigi

Sebelum kawat gigi akan dipasang, lapisan permukaan gigi Anda akan dibersihkan, dihaluskan lalu dikeringkan supaya kawat gigi dapat melekat dengan baik. Sebuah lem yang kemudian akan dipasang pada lapisan permukaan gigi Anda. Setelah itu kawat gigi mulai akan dipersiapkan oleh dokter gigi.

Pada kawat gigi terdapat sebuah part bracket yang berfungsi untuk ‘jangkar’ bagi kawat gigi. Bracket juga akan dipasang lem, lalu dilekatkan pada gigi Anda ke tempat yang telah ditentukan pada sebelumnya. Kelebihan lem akan langsung dibersihkan. Lem tersebut akan disinari dengan cahaya yang berkekuatan tinggi agar lem menjadi keras sehingga lekat pada kawat gigi sehingga tidak mudah lepas.

Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 20-30 menit tergantung dari tingkat keparahan pada kondisi gigi Anda.

3. Yang Akan Anda rasakan selama proses pasang behel

Setelah anda melakukan pemasangan kawat gigi, Anda akan merasa rasa yang tidak nyaman karena kawat gigi yang akan menarik gigi Anda dapt menimbulkan rasa nyeri terutama setelah 4-6 jam setelah prosedur pemakaian selesai. Nyeri akan terasa hingga 3-5 hari dan setelah itu akan mulai berkurang. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri. Dianjurkan untuk mengganti makanan dengan mengkonsumsi makanan yang lunak agar tidak menimbulkan rasa nyeri.

4. Kontrol yang rutin

Melakukan Kontrol yang rutin perlu dilakukan bagi Anda yang memasang kawat gigi. Seiring dengan berjalannya waktu, kawat gigi dapat menjadi lebih longgar sehingga hal ini dapat menyebabkan kawat gigi tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengubah posisi gigi Anda.

Anda dianjurkan selanjutnya untuk bisa kontrol secara rutin untuk dapat melihat bagaimana perkembangan gigi Anda sekaligus untuk mengencangkan kembali kawat gigi Anda setiap 3-10 minggu tergantung pada jenis kawat gigi yang Anda gunakan. Kawat gigi modern mempunyai daya tahan yang lebih baik sehingga tidak memerlukan waktu tertentu untuk kontrol rutin yang terlalu sering.

5. Pelepasan kawat gigi serta perawatan setelah pelepasan

Setelah dokter gigi sudah memastikan bahwa terapi telah selesai, maka kawat gigi akan dilepas oleh dokter gigi. Secara perlahan lem yang telah keras tersebut akan dipecah dengan cara yang hati-hati. Sisa lem yang masih melekat kuat pada permukaan gigi akan dibersihkan secara hati-hati.

Setelah pelepasan kawat gigi, Anda disarankan agar menggunakan alat yang disebut sebagai ‘retainer’. Alat ini akan digunakan didalam mulut untuk mencegah gigi Anda kembali pada posisi yang semula. Retainer harus digunakan selama 6 bulan dan tidak boleh dilepas, setelah 6 bulan maka Anda boleh memakai retainer pada malam hari atau saja saat tidur.

Belum lagi orang yang sedang melakukan pemasangan kawat gigi harus benar-benar telaten dalam melakukan perawatannya. Menggosok gigi berkawat memang terbilang cukup sulit untuk dilakukan. Cara sikat gigi yang tak tepat membuat penumpukan pada plak di gigi yang dapat menjadi awal timbulnya penyakit gigi dan penyakit mulut.